Diturunkan Status Jadi Siaga, Gunung Agung Kembali Erupsi

 

 

 

Eskopi.com – Gunung Agung kembali mengalami erupsi setelah penurunan status yang awalnya Awas (level IV) menjadi Siaga (level III). Erupsi ini terjadi pada pukul 11.49 WITA (13/2/2018) dengan tinggi asap serta abu disekitar 1.500 meter diatas puncak.

“Pos Pengamatan Gunung Agung PVMBG di Rendang melaporkan asap kawah bertekanan sedang teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang dan tinggi 1.500 meter di atas puncak kawah, condong ke timur – timur laut,” ungkap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, di Jakarta, Selasa (13/2/2018).

Erupsi tersebut terjadi selama 140 second. Tidak terdapat erupsi susulan tetapi status tidak diturunkan maih pada status Siaga dengan zona baerbahaya dalam radius 4 kilometer dari puncak kawah.

“Akibat eruspsi itu, hujan abu tipis terjadi Dusun Pandan Sari, Desa Dukuh, Kecamatan Kubu Kabupaten Karangasem,” katanya.

Walaupun demikian, Sutopo mengatakan aktivitas masyarakat masih berjalan secara normal. Bali masih dalam kondisi aman. Tidak terdapat kerusakan ataupun gangguan penetbangan karena erupdi tersebut.

“Namanya gunung api status Siaga dapat berpotensi erupsi kapan saja. Tetapi dengan erupsi yang tidak besar,” tuturnya.

Sampai sekarang ini masih ada 15.445 jiwa yang mengungsi yang terdapat pada 146 titik pengungsian. Semenjak Gunung agung diturunkan menjadi status Siaga pada tanggal 10 Februari lalu, seluruh pengungsi diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing.

“Saat ini masih proses pemulangan pengungsi,” jelasnya.

Author: Arman Rahmanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2018 Berita Terkini dan Terpercaya | Design by ThemesDNA.com
top