Polisi Ungkap Penyelundupan Baby Lobster Senilai Rp 3,7 Miliar di Banten

 

 

 

 

Eskopi.com – Penyelundupan baby lobster atau benur berhasil digagalkan oleh jajaran Polres Serang, Banten. Terdapat 31 box yang berisi 250 ribu benur senilai Rp 3,7 miliar disita ketika akan dikirimkan menuju Lampung.

Kapolres Serang Kota AKBP Komarudin mengungkapkan sebanyak lima kurir diringkus pada Rabu (23/5/2018) pukul 05.00 WIB di Jl Ayip Usman. Ketika itu, dua mobil L 300 berplat nomor BE 9432 NM dan BE 9096 DT dicurigai mengangkut barang ilegal. Ketika ditanyakan, ternyata kurir berinisial MH dan ST rupanya mengangkut benur.

Tak selang lama, polisi kemudian meringkus TM pengendara mobil A 1427 AW yang mengangkut 6 box benur dan SB pengendara Innova A 1038 AK berisi 7 box benur dan AM pengendara mobil A 1412 BB berisi 6 box benur. Berdasarkan keterangan kelima kurir, benur tersebut diambil dari daerah Cisolok, Sukabumi.

“Ada total 31 box yang kami perkirakan ada 250 ribu bibit lobster. Jika harga perekor Rp 15 ribu, maka diperkirakan ini senilai Rp 3,7 miliar,” ungkap Komarudin di Kota Serang, Banten.

Dia mengungkapkan untuk harga Rp 15 ribu/bibit itu adalah harga yang diambil dari nelayan. Bila dijual pada pihak lain, maka benur ini bisa sampai Rp 30-40 ribu. Dia menduga benur ini akan diekspor ke negara Vietnam.

“Informasi dari para kurir yang ditahan, mereka hanya menerima order untuk dikirim ke Lampung, alamat pun tidak diketahui karena akan dijemput. Makanya, kita akan koordinasi dengan Krimsus Polda Banten dan Polda Lampung,” ungkapnya.

Untuk mengelabuhi petugas, para kurir memindahkan benur sampai beberapa kali. “Modusnya ini beberapa kali pemindahan, jadi ada 3 trip dari Cisolok dijemput di Serang, kemudian ke Lampung,” pungkasnya.

Sekarang ini kelima kurir tersebut diamankan untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Author: Arman Rahmanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2018 Berita Terkini dan Terpercaya | Design by ThemesDNA.com
top