Uskup Agung: Trump Harusnya Mengikuti Resolusi PBB Terkait Yerusalem

 

 

 

Eskopi.com – Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) dan Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI) memprotes klaim Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Negara anggota Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) diminta harus tunduk pada resolusi PBB.

“Yang tergabung dalam PBB, semestinya yang tergabung anggota PBB itu tunduk pada resolusi PBB. Nah yang dilakukan Presiden Trump tidak sesuai dengan resolusi PBB, itu yang pertama,” ungkap Uskup Agung Jakarta Mrg Ignatius Suharyo pada konferensi pers di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Senin (25/12/2017).

PBB telah mengadakan Majelis Umum pada Kamis (21/12) yang menghasilkan sebanyak 128 anggota PBB mendukung adanya resolusi tersebut. Sedangkan AS dengan 8 negara lain melawan resolusi tersebut. Trump tetap dengan keputusan untuk memindahkan kedutaan besar AS di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem.

“Yang kedua, sebagai warga Katolik kami ikut pada pimpinan kami Paus (Fransiskus) itu eksplisit mengakui Palestina,” katanya.

Ignatius menganggap harusnya yang menyelesaikan permasalahan tersebut adalah kedua pihak yang bersangkutan yakni Israel dan Palestina. Lantaran bagaimanapun lamanya perbincangan tersebut, pada dasarnya Israel dan Palestina yang harus angkat bicara.

“Bukan masalah agama. Seperti ditegaskan, ini masalah kemanusiaan dan masalah politik. Ini bukan masalah baru ini masalah lama. Masa masalah lama mau selesaikan lima menit enam menit. Kan nggak bisa. Pasti akan membutuhkan waktu yang banyak dan biarkanlah berbicara bersama-sama. Sementara negara memberi fasilitas supaya tidak berhenti terus berjalan maju. Seperti itu sikap gereja Katolik,” ungkapnya.

Author: Arman Rahmanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2018 Berita Terkini dan Terpercaya | Design by ThemesDNA.com
top