200 Kawasan Wisata Masakan Bandung Yang Terkenal Murah dan Enak

200 Kawasan Wisata Masakan Bandung Yang Terkenal Murah dan Enak. Berbicara perihal Bandung memang tidak akan ada habisnya, Indonesia adalah negara yang sangat kaya raya dengan aset wisata dan ragam masakan yang sangat khas dari banyak sekali penjuru tanah air, oleh karena itu team Masakan Yuk Bos ingin mencoba makanan khas Bandung Kota dan banyak sekali makanan enak lainnya yang terbaru mulai dari masakan kaki lima sampai bintang lima wajib untuk di coba, kau mampu berwisata masakan ketika tengah malam ataupun siang hari karena kota ini tidak pernah sepi dan mempunyai beragam masakan nikmat.

Sebutan kota “Paris Van Java” yang melekat pada Bandung membuat kota yang juga berjuluk Kota Kembang ini selalu identik dengan wisata belanja dan menjadi salah satu sentrum mode utama di Indonesia. Tetapi, wisata masakan di Bandung juga salah satu hal yang sangat menarik untuk dicoba ketika berlibur di sana. Berikut akan kawasan wisata masakan yang patut untuk kau kunjungi saat berada di Kota Bandung. Kira-kira ada kawasan wisata masakan apa saja, ya? Simak, yuk!

1. Rumah Sosis

Kawasan wisata masakan yang pertama ialah Rumah Sosis.  Rumah Sosis adalah salah satu kawasan wisata masakan di Bandung yang mempunyai desain interior unik. Di kawasan ini, desain interior ruangan dirancang dengan konsep “Eat, Swim, and Play”. Selain menu masakan yang beraneka ragam, Rumah Sosis juga ialah tujuan yang sempurna untuk hiburan keluarga bersama dengan anak-anak. Dari namanya saja, sudah dapat ditebak bahwa menu utama di Rumah Sosis ialah banyak sekali jenis masakan dengan bahan dasar sosis. Jenis-jenis sosisnya juga beragam, mulai dari sosis ayam, sosis sapi, dan sosis ikan. Masing-masing terdiri dari beberapa ukuran, ada yang besar, sedang, ataupun kecil. Jika kau penasaran, eksklusif saja meluncur ke Jalan Dr. Setiabudhi No. 293-295, Sukasari, Bandung.

2. Cie Rasa Loom Buah Batu

Tempat Wisata Kuliner Cie Rasa Loom Bandung

Cie Rasa Loom adalah kawasan wisata masakan di Bandung dengan menu andalan nya yang berupa Mie Aceh. Restoran yang terletak di Jalan Terusan Buah Batu, Bandung ini buka setiap hari selama 24 jam.

3. Iga Bakar Si Jangkung

Iga Bakar Si Jangkung Bandung

Warung tenda Iga Bakar Si Jangkung memiliki sajian iga bakar yang unik. Kalau kebanyakan restoran menyajikan iga bakar termasuk dengan tulangnya, sajian iga bakar di Iga Bakar Si Jangkung dihidangkan tanpa tulang sedikitpun. Kelezatan Iga Bakar Si Jangkung tidak perlu diragukan lagi. Sajian masakan ini biasanya dinikmati bersama nasi hangat setelah sebelumnya ditaburi irisan tomat, cabe rawit, dan bawang merah. Gugusan rasa manis dan gurihnya sangat kuat sehingga rasanya benar-benar nikmat. Hmmmm, mau tau bagaimana rasa nya makan iga tanpa tulang? Yuk, datang ke Jalan Cipaganti No. 75B, Pasteur, Bandung.

4. Nasi Kalong

Nasi Kalong buka setiap hari mulai jam 7 malam hingga dini hari. Kawasan ini ialah sasaran utama mereka yang acapkali kelaparan malam hari. Menjelang tengah malam, rumah makan Nasi kalong kian ramai dipadati pengunjung, bahkan dengan antrian yang memanjang. Kawasan masakan Bandung yang satu ini memiliki menu favorit berupa nasi hitam dengan tak kurang dari 20 jenis lauk-pauk, mirip ayam goreng madu, tumis buncis bakar, tahu goreng, dan masih banyak lagi. Kawasan wisata masakan Nasi Kalong ini terletak di Jalan RE Martadinata (Jalan Riau) No. 102, Bandung.

  1. Kampung Daun

Kawasan wisata masakan di Bandung ini ialah salah satu kawasan masakan yang unik. Ketika masuk ke lokasi, Anda akan disambut dengan nuansa country yang asri dan nyaman. Suasana tradisional begitu melekat di Kampung Daun, disempurnakan dengan hidangan masakan yang khas Bandung. Adapun makanan yang disajikan di kawasan ini, misalnya batagor, iga bakar, surabi, steak, nasi liwet, nasi bakar, gurame bakar, sop buntut, bebek bakar, dan nasi timbel. Kawasan wisata masakan Kampung Daun ini terletak di Jalan Sersan Bajuri KM. 4.7 Villa Triniti, Lembang, Bandung.

  1. Roemah Nenek Resto Café

Kawasan wisata masakan  yang satu ini menyajikan hidangan makanan ala kuliner Eropa. Mirip misalnya pizza bakar, pasta, chicken tarragon, nasi pengecap jamur, serta banyak sekali macam kuliner lokal. Dalam balutan suasana klasik dan udara sejuk, menikmati wisata masakan di kawasan ini akan memberi pengalaman yang berkesan. Kalau kau ingin berkunjung ke kawasan wisata masakan satu ini eksklusif saja datang ke Jalan Taman Cibeunying Selatan No. 47, Bandung.

  1. Raja Rasa

Kawasan wisata masakan di Bandung yang satu ini memberikan menu andalan seafood dengan suasana nyaman, damai, dan bercita rasa seni yang tinggi. Resto ini juga menyajikan menu masakan lain, mirip udang saos keraton, ayam bakar, kangkung hotplate, sop iga, gurami bakar Jimbaran, kerang hijau pedas, cumi goreng, sup kepiting, dan krapu saos kecap. Raja Rasa terletak di Jl. Setra Ria No. 1 (depan Mall Setra Sari), Bandung .

  1. Maja House

Kawasan wisata masakan di Bandung yang satu ini tidak hanya disukai oleh warga Bandung, tapi juga wisatawan dari Jakarta dan sekitarnya. Sembari menikmati menu masakan yang nikmat di kawasan ini, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam. Adapun menu favorit di kawasan ini ialah spaghetti dan steak. Maja House ini terletak di Jalan Sersan Bajuri No. 72, Lembang, Bandung (Hotel Stevie G, Lembang).

  1. Paskal Food Market

Di Paskal Food Market terdapat lebih dari 100 penjual makanan, mulai dari masakan khas Bandung sampai makanan Jepang, Korea, dan makanan khas Eropa. Mengusung konsep ruang terbuka, kau akan dimanjakan udara sejuk Kota Bandung lengkap dengan sajian hangat dan nikmat. Karena harganya ramah di kantong, kawasan ini kerapkali dipenuhi anak belia dan pelajar. Tak hanya makanan, Paskal Food Market dilengkapi pula dengan wahana kolam renang yang menyenangkan. Kalau kau penasaran dengan kawasan wisata masakan satu ini, yuk eksklusif saja meluncur ke Paskal Hyper Square, Jl. Pasir Kaliki No. 25-27, Bandung.

  1. Yoghurt Cisangkuy

Yoghurt Cisangkut yang terletak di Jalan Cisangkuy No. 85, Bandung, ini berbeda dari yoghurt pada umumnya yang rasanya sedikit asam, Yoghurt Cisangkuy justru terasa lebih manis. Dalam penyajiannya, rasa yoghurt akan diadaptasi dengan permintaan kau. Kalau Anda memesan yoghurt rasa strawberry, maka di dalamnya akan ada buah strawberry. Tak hanya Strwaberry, Yoghurt Cisangkuy juga menyediakan macam-macam rasa, dari anggur, lecci, mocca, dan coklat.

  1. Atmosphere Resort Café

Bosan dengan suasana rumah makan yang monoton? Datang saja ke Atmosphere Resort Cafe, kawasan wisata masakan di Bandung yang belakangan sangat populer karena balutan nuansa interior yang romantis. Untuk kau penggemar makanan khas Eropa namun dengan konsep kawasan duduk lesehan, Atmosphere Resort Cafe ialah tempatnya. Bagi penggemar Steak, kawasan masakan ini juga direkomendasikan karena menu utamanya ialah Steak. Atmosphere Resort Café ini terletak di Jalan Lengkong Besar No. 97, Lengkong, Bandung.

  1. Pino Pizza

Untuk kau yang suka menu ala Italia, Pino Pizza ialah opsi yang sempurna. Mirip namanya, Pino Pizza menyajikan menu utama mirip pizza, salad, dan pasta, tentu saja dengan harga terjangkau. Hanya dengan Rp 45 ribu saja, kau sudah mampu menikmati sajian pizza lezat ala Eropa. Selain kawasan yang asyik untuk nongkrong bersama sahabat atau rekan kerja, Pino Pizza juga acapkali dikunjungi kalangan anak belia bersama dengan pasangannya nih, guys. Pino Pizza terletak di Jalan Buah Batu, No. 140, Bandung.

11. Jigoku Ramen

Kawasan wisata masakan selanjutnya ialah Jigoku Ramen. Kawasan wisata masakan Bandung yang satu ini direkomendasikan untuk pecinta makanan Jepang, namun diolah secara khas ala Bumi Priangan. Rasanya enak, namun dengan harga yang jauh lebih murah dibanding makanan Jepang di restoran-restoran mewah. Adapun menu ala Jepang yang tersedia di Jigoku Ramen ialah Jigoku Ramen Original, King of Jigoku Ramen, Jigoku Ramen Sausage Beef Frank, Jigoku Ramen Meat Ball with BBQ Sauce, Jigoku Ramen Chicken Terriyaki, Jigoku Ramen Sirloin Blavia, dan Jigoku Ramen Udang kering Furai. Jigoku Ramen ini terletak di Jalan Cikutra No. 143, Bandung.

12. Sapu Lidi

Ingin mencicipi sensasi restoran Sunda yang unik? Datang saja ke Sapu Lidi. Di kawasan ini, pada umumnya pengunjung tidak hanya datang untuk bersantap semata, namun juga menikmati pemandangan khas pedesaan. Sapu Lidi dirancang sebagai sebuah resto yang unik, menjadi kawasan makan enak di Bandung yang sungguh berbeda dari kebanyakan kawasan lainnya. Terdapat saung-saung dimana Anda bersantap dengan beralaskan tikar, dikelilingi hamparan sawah buatan yang hijau, memberi nuansa country yang khas. Banyak sekali menu makanan khas Sunda tersedia di sini, juga tak lupa aneka makanan dari kawasan lain. Yuk, ajak sahabat dan keluarga kau datang ke Sapu Lidi yang berlokasi di Jalan Sersan Bajuri – Kompleks Graha Puspa – Lembang, Bandung.

15. Nasi Goreng Mafia

Wah, namanya unik sekali ya? Kawasan wisata masakan yang satu ini berada di Jalan Purwakarta No. 28, Jalan Dipati Ukur No. 51, atau Jalan Jalaprang No. 24, Bandung. Menu utama di rumah makan Nasi Goreng Mafia ini ialah Nasi Goreng Partikelir. Hidangannya memiliki rasa yang khas dengan racikan bumbu rempah kencur yang mayoritas. Rasanya sangat kuat sehingga cocok untuk pengecap orang Indonesia. Uniknya lagi, kau dapat memilih level pedas sesuai yang diinginkan.

16. Warunk Upnormal

Ada lagi nih, guys kawasan makan di Bandung paling enak yang bernama Warunk Upnormal yang berdiri atau berlokasi di Jalan Cihampelas 74 dan Jalan Kudus 73. Dan masakan bandung yang satu ini sudah sangat populer di kalangan anak belia, hal ini di karenakan Warunk Upnormal ini adalah salah satu kawasan makan di Bandung yang kreatif dan penuh inovasi. Beberapa menu di Warunk Upnormal mirip Roti bakar green tea dan indomie upnormal yang tentu saja menjadi andalan dari Warunk Upnormal ini. Banyak sekali olahan yang berbahan dasar indomie ada di sini dan hadir dengan banyak sekali varian yang tentu saja tidak membuat para pelanggan Warunk Upnormal bosan.

17. Waroeng Setiabudhi

Kalau kau ingin berkunjung ke sebuah kawasan wisata masakan yang enak untuk nongkrong bersama dengan teman-teman atau keluarga, salah satu kawasan masakan di sekitar Bandung yang di rekomendasikan ialah Waroeng Setiabudhi. Yakni sebuah masakan Bandung yang sangat cocok untuk anak belia dan bertempat atau berlokasi di Jalan Setiabudhi No. 175. Menu andalan dari Waroeng Setiabudhi ini ialah surabi yang di buat dengan cara yang sangat tradisional yakni dengna tungku arang yang terbuat dari tanah liat. Banyak sekali pilihan rasa surabi yang mampu kau dapatkan di Waroeng Setiabudhi ini mirip misalkan Surabi Keju Coklat, Surabi Ayam Mayonaise dan masih banyak pilihan rasa lainnya. Terlebih lagi kau akan nyaman di Waroeng Setiabudhi ini karena nuansa kawasan yang kayu-kayuan akan membuat kau betah.

18. Warung Nasi Bu Imas

Wisata masakan selanjutnya ialah Warung Nasi Bu Imas. Kawasan wisata masakan yang satu ini adalah salah satu kawasan masakan Bandung yang tentu saja sangat erat kaitannya dengan makanan khas sunda. Dan Warung Nasi Ibu Imas ini ketika ini berdiri di Jalan Pungkur No. 81, kemudian berbeda dengan rumah makan yang biasanya, Warung Nasi Ibu Imas ini di buka 24 jam yang tentunya akan selalu setia menawarkan sajian atau menu andalannya.

19. Sate Pak Gino

Kawasan wisata masakan Bandung yang selanjutnya ialah sebuah kawasan makan yang menu utamanya menyajikan sate berbahan dasar daging kambing yang sangat lezat. Kawasan makan tersebut di beri nama Sate Pak Gino oleh pemiliknya yang adalah sebuah kawasan makan seorang ahli daging kambing yang ada di Kota Bandung dan Sate Pak Gino ini beralamatkan di Jalan Sunda No 70, Bandung. Beberapa menu lain yang mampu kau dapatkan di Sate Pak Gino ini ialah mirip tongseng kambing, sate buntel, sop kambing, nasi goreng kambing, gule kambing dan masih banyak makanan enak lainnya di kawasan ini.

20. The Peak

Kawasan wisata masakan selanjutnya ialah The Peak. Salah satu kawasan makan di Bandung yang mempunyai view rupawan pada ketika malam hari dengan hidangan yang sangat enak. Beberapa sajian menu makanan yang di hadirkan di kawasan wisata masakan Bandung bernama The Peak ini mulai dari makanan lokal sampai makanan barat siap untuk menggoyang pengecap kau nih, guys.  Steak adalah salah satu makanan andalan yang di hadirkan di kawasan wisata yang bernama The Peak ini. Jalan Desa Karyawangi adalah alamat atau kawasan berdirinya The Peak, beberapa jenis steak lezat yang mampu kau nikmati di The Peak ini mirip misalkan saja steak kobe, rib eye, sirloin dan tenderloin wajib untuk kau coba.

21. Sate Anggrek

Kawasan wisata masakan selanjutnya ialah Sate Anggrek. Sate Anggrek adalah salah satu kawasan wisata masakan yang wajib sekali untuk kau coba. Sinkron dengan namanya, Sate Anggrek ini terletak di Jalan Anggrek yang tentu akan sangat mudah untuk kau temukan, pasalnya asap pembakaran dari sate yang ada di Sate Anggrek terlihat sampai ke jalan raya. Sate Anggrek ini menghadirkan beberapa jenis sate mirip misalkan saja sate kambing, sate sapi, sate ayam, dan sate telur yang sangat lezat. Selain sate, ternyata di Sate Anggrek ini juga menjual soto sulung yang sangat lezat.

22. Iga Bakar Buncit

Kawasan wisata masakan ini menyediakan menu iga bakar yang sangat lezat. Iga Bakar Buncit adalah kawasan wisata masakan yang menjadi pujian warga bandung, pasalnya banyak orang yang sangat penasaran dengan rasa yang di sajikan oleh kawasan wisata masakan di bandung yang satu ini. Bahkan banyak yang mengatakan kalau kau datang ke Iga Bakar Buncit ini, dijamin kau tidak akan pernah kecewa dengan rasa yang di hidangkan. Untuk kau yang penasaran dengan kawasan makan di Bandung yang satu ini, yuk eksklusif saja datang ke ke Jalan RE. Martadinata No. 62, Bandung.

23. Batagor Hanjuang

Kawasan makan di Bandung yang satu ini memang sudah sangat terkenal di kota Bandung, bahkan tidak hanya terkenal di Bandung saja, Batagor Hanjuang juga populer di seluruh Indonedia. Rasanya kawasan makan Batagor Hanjuang ini sangat wajib untuk kau coba kalau sedang berkunjung ke Kota Bandung. Untuk kau yang penasaran dengan sajian Batagor Hanjuang ini, silahkan datang ke tempatnya yakni di Jalan Astina, Bandung atau lebih tepatnya di belakang Istana Plaza Bandung.

24. Lisung Café

Lisung Café mempunyai konsep yang romantis dengan di dukung lokasi yang sangat strategis membuat kawasan wisata bandung yang satu ini menjadi kawasan favorit bagi anak belia. Lisung Cafe ini adalah sebuah kawasan makan atau resto dengan nuansa alam yang berada di Jalan Dago Ahli Timur No. 111, Bandung. Menunya terjangkau yakni mulai dari Rp. 20.000, dengan fasilitas yang kau dapatkan saat berada di Lisung Cafe, rasanya harga tersebut cukup sepadan kan, guys?

25. Stone Café

Di kawasan wisata masakan Bandung yang satu ini kau mampu menikmati sajian menu Eropa yang tentu sangat lezat, terlebih lagi suasana eropa yang klasik juga mampu kau dapatkan di Stone Cafe ini. Suasana alam pedesaan rasanya mampu menjadi salah satu daya tarik yang ada di kawasan wisata masakan Bandung ini. Mulai dari harga Rp. 35.000, kau sudah mampu menikmati sajian eropa yang ada di kawasan wisata masakan Stone Café ini. Kalau kau tertarik untuk datang ke Stone Cafe ini, yuk eksklusif saja meluncur ke Jalan Rancakendal Luhur No. 5, Dago Ahli Bandung.

26. Kupat Tahu Gempol

Kawasan wisata masakan Bandung yang satu ini terletak di Pasar Gempol atau lebih tepatnya kau mampu datang ke Jalan Gempol Kulon No. 53, Bandung. Lokasi yang cukup strategis membuat Kupat Tahu Gempol menjadi kawasan favorit nih, guys.

27. The Valley Café

The Valley Café ialah salah satu café yang terkenal di antara para turis yang datang ke Bandung.  Berlokasi di bagian atas bukit di Dago, kau akan dapat menikmati indahnya kota Bandung baik siang maupun malam hari. Penasaran apa saja menu yang akan disajikan di kawasan wisata masakan satu ini? eksklusif saja datang ke Jl. Lembah Ahli Timur No 28, Dago Ahli, Bandung.

28. Dusun Bambu

Dusun Bambu adalah pilihan yang sempurna untuk menghabiskan akhir pekan dengan orang-orang tercinta, entah itu teman, keluarga atau pasangan. Di sini kau mampu menemukan banyak hal, dari akomodasi  berupa vila, bumi perkemahan, sampai beragam aktivitas menarik mirip bersepeda atau aneka petualangan anak-anak. Dan yang paling utama sudah tentu kawasan untuk menikmati makan siang atau makan malam.  Kalau kau penasaran dengan panorama pegungungan Dusun Bambu, eksklusif saja datang ke Jl. Kolonel Masturi KM 11, Cisarua, Bandung Barat

29. Café D’Ahli

Dikelilingi oleh pohon-pohon hijau, café ini ialah kawasan terbaik untuk coffee break kalem dengan harga yang sangat terjangkau. Kau mampu menerima makanan sekaligus minuman ringan dengan harga mulai dari Rp. 20.000 loh, guys. Café D’Ahli ini berada di Jl. Dago Ahli Utara, Bandung.

30. Rumah Miring Bar (Cloud 9)

Kawasan masakan ini dulu dikenal sebagai Cloud 9, sekarang bernama Rumah Miring Bar. Kawasan ini dikenal sebagai salah satu bar terbaik di Bukit Dago. Disini kau mampu menikmati makanan dan minuman sambil memandang indahnya pemandangan kota Bandung yang terkenal itu. Di Rumah Miring Bar terdapat banyak variasi makanan enak yang sebaiknya kau coba – dari banyak sekali makanan panggangan, pizza dengan topping daging yang menggiurkan, vanilla plus coklat, hingga ke coklat panas dengan kayu manis. Jika kau tertarik dengan kawasan masakan yang satu ini, eksklusif saja meluncur ke  Jl. Dagogiri No 119, Bandung.

29. Gubug Makan Mang Engking

Coba deh bayangin, asiknya makan di gubuk tradisional ala Indonesia, di sisi danau, kawasan terbaik untuk bersantai setelah berbelanja keliling kota. Sambil menikmati pemandangan yang begitu rupawan, kau juga wajib sekali mencoba salah satu menu andalan nya, yakni Honey Glazed Prawns atau Udang berbalut madu. Gubug Makan Mang Engking ini terletak di  Jl. Kopo Bihbul No. 45, Kopo Square, Bandung.

30. Warung Daweung

Kawasan wisata masakan Warung Daweung ini nggak banyak orang yang tau loh, guys. Kawasan wisata masakan ini letaknya tersembunyi, terletak di Bukit Moko. Warung Daweung mempunyai pemandangan hijau yang rupawan sekali, salah satu kawasan terbaik untuk melihat sunrise dan sunset. Disini tersedia menu makanan yang dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau sekali, guys. Salah satunya ialah Pisang Goreng Keju nya yang wajib sekali untuk kau coba. Soal rasa? Hmmm, nggak perlu ditanya deh. Sudah absolut rasa nya enak banget dan dibanderol dengan harga Rp. 15.000 saja. Kalau kau tertarik, eksklusif saja datang ke Bukit Moko, Padasuka (Desa Cimenyan), Bandung.

31. Cocorico Café

Cocorico Café ialah salah satu kawasan makan di rooftop dengan pemandangan terbaik di kota Bandung. Berlokasi di Bukit Dago, kau dapat menikmati pemandangan Bandung yang menakjubkan sambil menikmati menu andalan café ini, yakni waffle (dikenal dengan nama Wafflelicious),  dengan harga sekitarRp. 24.000. Cocorico café ini terletak di  Jalan Bukit Ahli Timur No. 19, Bandung.

32. Kopi Ireng

Kopi Ireng ialah salah satu kawasan minum kopi paling terkenal di Bandung. Posisi kawasan wisata masakan ini terletak cukup tinggi, walaupun memang terletak di area bukit yang tinggi di kota Bandung. Dengan posisinya yang tinggi ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan Bandung dari  banyak sekali sudut pandang manapun sambil menyesap secangkir kopi panas. Kopi Ireng ini terletak di  Jl. Bukit pakar Timur Ciburial No. 1, Bandung.

33. Floating Market Lembang

Tak ada yang tak mampu kau lakukan di Bandung – makan di tengah hutan, di atas pohon, di puncak gunung, atau di tepi danau pun semua mampu kau temukan di Kota Kembang ini. Pengalaman yang tak terlupakan akan kau dapatkan ketika makan dengan panorama danau dan pegunungan yang menyejukkan mata. Sate Buntel Sapi dari Kedai Boentel adalah favorit para pengunjung di sini. Kau bahkan dapat menikmati sate dengan daging empuk dan bumbu khas ini sambil mengapung di atas perahu loh, guys! Floating Market Lembang ini terletak di Jalan Grand Hotel No. 33E, Lembang, Bandung.

34. Kampoeng Sawah

Kawasan wisata masakan selanjutnya ialah Kampoeng Sawah.Restoran ini menyajikan makanan khas tradisional Indonesia, terutama khas Sunda. Bersantap di Joglo tradisional yang dikelilingi oleh danau dijamin akan menjadi kegiatan yang mengasikan jauh dari hiruk pikuk kota. Jika kau galau mau pesan apa, Nasi Timbel ialah menu andalan disini, harganya hanya sekitar Rp. 24.000 saja kok, guys. Kampoeng Sawah ini terletak di  Jalan Gandasari No 152 (Jalan Raya Soreang Banjaran), Soreang, Bandung.

35. Boemi Joglo

Boemi Joglo menjadi salah satu kawasan wisata masakan di Bandung yang memberikan suasana tradisional dan alami. Di Boemi Joglo, setiap pengunjung diharuskan menaiki beberapa anak tangga untuk mencapai kawasan makan. Saat mencapai tempatnya, kau akan diberi menu pilihan untuk mampu menikmati menu makanan Khas Jawa Barat. Kau mampu memilih makan di saung, di dalam rumah, tenda payung, atau mampu juga di balkon. Semua kawasan tersebut sangatlah nyaman digunakan. kau juga mampu eksklusif menikmati Kota Bandung dari kawasan ini. Penasaran mirip apa sih Boemi Joglo? Yuk, eksklusif saja dating ke Jl. Ranca Kendal Luhur No. 17, Kota Bandung.

36. Gongseng

Nasi Tutug Oncom ini berasal dari kawasan Tasikmalaya. Nasi Tutug Oncom ini banyak ditemukan di rumah makan khas Sunda. Gugusan nasi yang dicampur oncom saja sudah nikmat, apalagi ditambah ayam goreng, tahu tempe, lalapan dan sambel. Salah satu kawasan makan yang recommended untuk makan Nasi Tutug Oncom di Bandung ialah di Gongseng, depan FO Heritage, masuk dari Jalan Banda.

37. Warung Inul

Selain Tutug Oncom, kau juga mampu mencoba makanan khas sunda lainnya yaitu , Nasi Cikur. Nasi cikur mampu dipadukan dengan tumis sayur, ayam goreng/bakar, gepuk, lalapan dan sambal. Salah satu kawasan wisata masakan di Bandung yang menu spesialnya Nasi Cikur ialah Warung Inul di kawasan Dago Resort. Buka setiap hari jam 7.00 – 21.00. jangan hingga kelewatan ya, guys!

38. Bakso Ojo Dumeh

Kalau kau adalah salah satu penggemar bakso, jangan hingga tidak mencoba Bakso Ojo Dumeh yang sangat terkenal ini. Bakso Ojo dumeh berbeda dari bakso lainnya, karena ukurannya sangat besar.  Anda mampu mencoba bakso ini, lokasinya ada di Cikuda dekat Jatinangor.

39. Sate Padang Ajo

Siapa yang gak kenal sate padang? Sate padang dan ketupat beras yang lembut dan putih disiram dengan bumbu kuah kental, tak lupa taburan bawang goreng, hmm.. hangat, pedas, dan mantap. Di kota Bandung banyak pedagang sate padang, baik yang berkeliling maupun yang mangkal di kawasan. Salah satunya berada di Jalan Margacinta No. 15 Buah Batu (dekat Simpang Logam), Bandung. Cobain, yuk!

40. Es Durian Pak Aip

Kau penggemar durian? Nah, terdapat salah satu kawasan wisata masakan di Bandung yang pas sekali untuk kau, yakni Es Duren Pak Aip. Harganya yang murah namun soal rasa tak perlu diragukan lagi. Warung Durian Pak Aip berada di Jalan Tubagus Ismail, disini tersedia beberapa varian rasa es durian. Namun, yang wajib dicoba pertama kali ialah es durian original. Rasanya dijamin bikin pengecap kau ketagihan. Nir salah kalau es durian ini menjadi masakan murah paling enak di Bandung. Kawasan wisata masakan Es Durian Pak Aip ini berada di Jalan Tubagus Ismail Raya No.5, Sekeloa, Coblong, Bandung.

41. Bebek Ali

Meskipun tidak disajikan di rumah makan berkelas, namun jika soal rasa Bebek Ali ini mampu diadu. Eksklusif saja datang aja ke tenda di belokan seberang pintu selatan RS Borromeus (Tepatnya di Jalan Hasanuddin 8, Bandung) sudah dikenal seantero Bandung. Bebeknya empuk, lezat, dan juga tidak amis. Rasa sambalnya juga pas, nggak terlalu menggigit. Sahih-benar bikin ketagihan, deh! Setiap harinya Bebek Ali ini mulai berjualan pukul 17.00 dan kadang pukul 19.00 pun stok bebeknya sudah habis. Jadi, jangan hingga kehabisan ya, guys!

42. Bebek Garang

Selain Bebek Ali anda juga mampu mencoba bebek garang yang ada di Braga. Berbeda dengan menu bebek lainnya, Bebek Garang memiliki cita rasa yang sangat nikmat dan unik. Bahkan, Bebek Garang menyediakan menu khusus bagi pencinta makanan pedas, yaitu menu bebek debus. Penasaran? Yuk, eksklusif saja datang ke Jalan Braga No. 34, Bandung.

43. Congo

Congo adalah café yang bener-bener keren! Selain cafe, Congo ini juga adalah sebuah art gallery, loh. Jika kau datang ke Congo saat malam hari tiba, dijamin bakal betah, deh! Mengapa? Karena suasananya sangat romantis banget! Terdapat lilin-lilin kecil yang mengitari café ini. Variasi menu makanan disini juga enak dan wajib sekali untuk kau coba, salah satunya ialah T-Bone Steaknya! Congo ini terletak di Jalan Rancakendal Luhur No. 8, Dago Ahli (Dago Atas), Bandung.

44. Two Hands Full

Two Hands Full adalah coffee shop keren yang sangat terkenal di para food bloggers, apa lagi yang travel jauh dari Jakarta. Yang buat coffee shop ini populer ialah tempatnya yang keren banget! Disini ada feel dan atmosfir yang industrial, dengan bola lampu lucu yang digantung. Selain itu, menu makanan di kawasan ini sangat bervariasi dan dijamin bikin kau ketagihan. Kawasan wisata masakan yang satu ini terletak di Jalan Sukajadi No.198A, Pasteur, Sukajadi, Bandung.

45. Kambing Bakar Cairo

Kawasan wisata masakan yang satu ini adalah wisata masakan yang wajib sekali untuk kau coba saat berada di Bandung. Tekstur empuk dan tak berbau ialah salah satu ciri khas akibat olahan daging kambing yang diusung oleh Kambing Bakar Cairo ini. Kadang saking empuknya mampu eksklusif jatuh dari tulangnya sendiri loh, guys! Lebih kerennya lagi Kambing Bakar ini dihidangkan menggunakan hot plate lho! Jadi, hidangan kalian ga bakal cepat dingin! Hmmm, penasaran ya gimana rasanya? Yuk, eksklusif saja datang ke Jalan Cihampelas No.123, Kota Bandung.

46. Miss Bee Providore

Kawasan wisata masakan yang satu ini adalah restoran / coffee shop yang sangat cozy sekali. Suasana disini sangat warm dan homie juga. Yang terkenal disini ialah kue-kue pastrynya, mirip Carrot Cake, Coffee Cheese Praline, Fruity arancione, dan masih banyak lagi! Kalau kau berniat menunjungi kawasan ini, eksklusif saja meluncur ke Jalan Rancabentang No. 11 A, Ciumbuleuit, Cidadap, Bandung.

46. Upper East Café

Untuk kau yang sedang mencari kawasan nongkrong di Dago Bandung, datang saja ke Upper East Cafe. Kawasan ini sangat nyaman untuk menemani kau sarapan sampai makan malam. Desain café yang homey dengan jendela kaca besar di sisi kiri café yang memungkinkan kau melihat pemandangan Dago atas yang hijau. Untuk menu yang ditawarkan juga beragam dari nasi goreng sampai pasta dapat kau temui di sini. Untuk nongkrong dengan teman-teman di café ini pastinya cozy sekali. Tak heran kalau cafe ini masuk dalam daftar kawasan nongkrong di Bandung yang asik dan enak. Upper East Café ini terletak di

47. Hummingbird Eatery

Kawasan masakan di Bandung selnjutnya ialah Hummingbird Eatery. Kafe yang beralamat di Jl. Progo No.14, Bandung ini punya eksterior yang sangat keren. Bentuknya mirip sebuah sarang burung raksasa! Selain Cafe, Hummingbird Eatery juga punya guesthouse yang mampu disewa oleh traveler yang ingin bermalam di Bandung. Tak hanya eksteriornya yang keren, interior di bagian dalamnya juga tak kalah keren. Kursi dan meja tertata rapi, seakan siap menyambut para penunjung yang ingin nongkrong seru di sini.

48. Bober Café

Bertempat di Jalan Martadinata, Bandung atau yang biasa disebut jalan Riau, cafe ini sudah menjadi salah satu kawasan nongkrong asik Bandung favorit anak belia. Mampu untuk sekedar bersantai dengan teman-teman sampai mengerjakan tugas kampus. Ada live music-nya juga loh, guys! Bober cafe menyediakan banyak sofa, kursi sampai ada juga lesehan sehingga tidak perlu takut jika tidak kebagian kawasan duduk. Jika untuk soal menu makanan, Bober Café cukup memberi pilihan; mulai dari makanan berat sampai cemilan juga ada. Satu hal yang membuat kau betah lagi yaitu cafe ini buka sampai 24 jam. Jadi, mau nongkrong siang hari atau malam hari tak persoalan.

49. Warung Salse

Kawasan masakan di Bandung yang asik dan enak selanjutnya ialah warung Salse yang mampu dengan mudah kau kenali dari pinggir jalan. Arsitektur kafe yang beratap limas segitiga berwarna putih ini sungguh mencolok dan begitu unik. Ketika melangkah ke dalam, suasana nyaman akan eksklusif terasa. Cocok untuk kawasan hangout para anak belia. Jangan lupa juga memesan aneka makanan dan minuman yang tersedia. Syahdan rasanya lezat dan bikin ketagihan loh, guys. Berlokasi di Jalan Dago Giri 101, Mekarwangi, Bandung, kafe yang buka mulai jam 10.00-22.00 WIB ini siap menyambut para pengunjung yang sedang ingin berakhir pekan di Bandung. Dijamin seru dan menyenangkan!

50. Noah’s Barn

Nah, untuk kau si penggemar kopi, jangan lupa mampir ke salah satu kawasan ngopi di Bandung Barat yang cukup terkenal yaitu Noah’s Barn. Desain interiornya pun semakin berkembang sehingga atmosfernya semakin menyenangkan. Salah satu menu favorit diantaranya ialah Ice Taro yang mantap banget rasanya. Selain itu walaupun belum banyak makanan berat, namun cemilan yang tersedia sudah semakin bervariasi dan berkualitas. Noah’s Barn ini berada di Jalan Garuda No.39, Andir, Bandung.

51. Pisetta

Untuk kau si penggemar gelato, rasanya wajib deh datang ke Resto Pisetta yang terletak di Jalan Bahureksa 5, Bandung ini. Kawasan ini buka setiap hari dari jam sepuluh pagi hingga pukul sepuluh malam. Menu utama yang ditawarkan ialah aneka barian ice cream Italia yang acapkali disebut dengan nama Gelato. Hampir semua menu yang dibandrol dengan harga Rp. 11.000,- sampai Rp. 92.000,- punya cita rasa yang begitu nikmat. Namun bukan menu ini saja yang membuat Pisetta banyak dikunjungi pengunjung, melainkan terdapat juga fasilitas wifi dan hotspot yang disediakan di resto ini punya kecepatan tinggi luar biasa.

52. Dakken

Jalan R.E Martadinata mungkin identik dengan banyaknya factory outlet di sepanjang jalannya. Tapi jangan salah jika ternyata banyak juga caféo yang asik dan enak untuk mengisi perut keroncongan. Salah satunya yaitu Dakken, kawasan makan dan nongkrong di Bandung yang menyediakan banyak ruang serta meja makan yang sangat homey. Dikarenakan tempatnya yang luas dan memiliki meja dan kursi yang cukup menampung banyak orang, Dakken kerap dijadikan kawasan untuk meeting juga.

53. Sugar Rush

Sugar Rush berada dekat sekali dengan Braga City Walk, cafe ini didesain dengan menarik, unik dan kreatif. Dengan plang goresan pena “Sugar Rush” berwarna merah pastinya kau tidak mungkin mampu melewatkan kawasan nongkrong di Bandung yang asik dan enak ini kalau sedang berjalan-jalan di Braga. Menu Andalan dari cafe ini ialah red velvet, rainbow cake, churros atau macaron. Untuk kau penyuka makanan manis sepertinya wajib mencoba datang ke sini dulu. Kau juga dapat berfoto-foto di cafe ini karena tempatnya yang unik. Setiap sudutnya terdapat gambar-gambar lucu dengan hiasan-hiasan yang membuat suasana meriah namun tetap cozy. Kalau kau tertarik mengunjungi kawasan masakan satu ini, eksklusif saja meluncur ke Jalan Braga No.83, Kel. Braga, Sumurbandung, Bandung.

54. Little Subway

Berbeda dengan kawasan nongkrong atau cafe lainnya, Little Subway yang berada di jalan Maulana Yusuf ini tidak memberi banyak sekat. Jadi saat kau masuk cafe ini, a mampu melihat kau hampir keseluruhan meja di dalamnya. Sofa yang nyaman ditemani bantal-bantal unik menjadikan kau nyaman saat nongkrong di sini. Pilihan menu makan nya memang tidak terlalu banyak pilihan di sini karena cafe ini lebih teruntuk kau yang mau nongkrong kalem menikmati minuman dan cemilan sambil mengobrol dengan sahabat.

55. Rasa Bakery & Cake

Cafe atau resto yang berlokasi di Jalan Tamblong 15 ini sudah berdiri semenjak sekian puluh tahun yang lalu. Sampai ketika ini masih banyak didatangi anak belia serta remaja yang suka berinternet dan nongkrong sekaligus menikmati sajian kuliner yang ada. Rasa Bakery & Cafe adalah salah satu kawasan nongkrong dengan fasilitas wifi yang ada di Bandung. Demi memuaskan para pelanggannya, resto yang buka setiap hari dari pukul delapan pagi sampai sembilan malam ini menyediakan fasilitas wifi dengan berkecepatan tinggi secara gratis. Semua pengunjung boleh menggunakannya kapan saja. Kalau kau berniat mengunjungi kawasan ini, silahkan datang ke Jalan Tamblong No.15, Braga, Sumur Bandung, Bandung.

56. Burgerock

Kawasan wisata masakan di Bandung selanjutnya ialah Burgerock. Burgerock ini terletak di jalan Banda 5 dan sesuai dengan namanya, sajian utama yang ditawarkan berupa aneka varian burger yang dipatok dengan harga antara 13 ribu sampai 25 ribu rupiah. Jam bukanya dari pukul sebelas siang sampai sebelas malam sehingga mampu menjadi salah satu alternatif kawasan nongkrong di Bandung malam hari yang asik dan enak. Selain burgernya yang lezat masih ada sebuah kelebihan lain yang dimiliki oleh Burgerock, yaitu fasilitas wifi atau hot spot yang benar-benar dasyat kecepatannya. Jangankan untuk browosing, mengunduh datapun hanya diperlukan waktu yang singkat loh, guys!

57. Wiki Koffie

Wiki Koffie termasuk salah satu kawasan nongkrong murah di Bandung yang romantis. Berada di dalam bangunan heritage peninggalan Belanda, coffee shop ini membuat para pelanggan betah berlama-lama “ngopi” di sini. Dengan desain minimalis yang unik serta adanya fasilitas wifi gratis yang disediakan, sudah absolut kau bakal betah nongkrong di sini. Menu kopi tentu saja menjadi menu minuman utama di sini. Banyak sekali jenis kopi, baik yang lokal maupun kopi luar mirip kopi Brazil, kopi Vietnam, hingga kopi Hawai, ada di sini. Selain kopi, di dini juga disajikan menu sederhana untuk breakfast. Soal harga? Jangan khawatir! Dengan slogan “Enjoy your favorite coffee and cozy place here!” kawasan nongkrong di Bandung yang asyik dan enak ini mampu kau kunjungi dari mulai pukul 08.00 – 00.00 WIB. Wiki Koffie berada di Jalan Braga No 90, Bandung.

The post 200 Kawasan Wisata Masakan Bandung Yang Terkenal Murah dan Enak appeared first on Iqbal Azhari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *