Pantai Nguyahan – Harga Tiket Masuk

Ada yang pernah mendengar nama Pantai Nguyahan? Dari segi nama mungkin, kita tidak akan pernah mendengarnya. Karena, daerah ini seakan karam lantaran, para wisatawan lebih memilih Pantai Ngobaran yang memiliki spot-spot kece yang membuat anda enggan untuk berkedip.

Tetapi, perlu diketahui jika Pantai Nguyahan memiliki pesonanya sendiri yang wajib anda kunjungi. Apalagi, ketika trend liburan dan sedang berkunjung ke Gunung Kidul. Mengunjugi kawasan wisata ini memang menjadi sebuah kewajiban.

Lalu, ada apa saja yang ditawarkan oleh Daerah wisata ini? pertanyaan yang acapkali di dengar oleh kebanyakan pengunjung yang benar-benar buta mengenai objek wisata ini. Jawabannya ialah sangat mengesankan dan sayang untuk di tolak sedikit pun.

Keunggulan lain yang tampak terlihat ialah kebersihannya yang memang mampu dikatakan juara. Nir ada sampah sedikit pun yang berceceran. Beberapa kotak sampah pun sudah dipersiapkan. Menariknya, beberapa pengunjung perlahan mulai sadar untuk membuang sampah pada tempatnya.

Harag Tiket Masuk Pantai Nguyahan

harga tiket masuk pantai Nguyahan
foto: https://www.instagram.com/ragiilme/

Untuk menikmati objek wisata ini tidak perlu mahal karena, harga tiket masuk Pantai Nguyahan hanya 5 ribu rupiah saja.

Di tambah dengan biaya parkir yang akan dikenakan tarif sebesar 5 ribu rupiah untuk kendaraan bermotor. Dan 10 ribu ruipiah bagi anda yang membawa kendaraan beroda empat.

Lihat juga daftar 50 pantai di gunung kidul yang rekomended untuk dikunjungi.

Alamat dan Rute Lokasi

 alamat pantai Nguyahan
foto: https://www.instagram.com/yuligepenk_/

Alamat Pantai Nguyahan terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung kidul, Kawasan Istimewa Yogyakarta. Dari kota jarak tempuh yang harus di tempuh kurang lebih 75 km. Atau kurang lebih membutuhkan waktu 1 jam 30 menit.

Jalan menuju Pantai Nguyahan mampu di tempuh dengan menggunakan kendaraan eksklusif saja , karena transportasi umum menuju ke objek wisata ini memang belum banyak. Rute menuju Pantai Nguyahan mampu dimulai dari kota jogja menuju ke piyungan, patuk, gading. Kemudian arahka kendaraa menuju ke Playen, Paliyan, Pasar Trowono, Kanigoro, sampai ke titik lokasi.

Nah, rute lainnya pun mampu melalui piyungan, parangtritis, Panggang selanjutnya, arahkan kendaraan menuju ke saptosari pasar truwono, kanigoro dan terakhir akan hingga di titik lokasi.

Datang juga ke Pantai Sadeng Gunung Kidul Yogyakarta.

Asal-Usul

Lokasi wisata pantai Nguyahan
foto: https://www.instagram.com/fajriian_/

Ternyata damai dan keindahan dari wisata Pantai Nguyahan ini tidak lepas dari yang namanya mitos dan juga cerita rakyat mengenai asal-usul dari ojek wisata ini. Dimana, dahulu kala pada zaman masih belum ada internet dan belanda masih menduduki Indonesia.

Nah, pada zaman itu, daerah ini memang terkenal sebagai penghasil garam. Oleh karena itu, objek wisata ini dinamakan pantai nguyahan. Dalam bahasa jawa uyah berarti garam. Jadi, tidak heran kan jika kawasan ini disebut dengan nama nguyahan.

Datang juga ke Pantai Ngobaran yang mempunyai banyak spot foto rupawan.

Spot Wisata di Pantai Nguyahan

Lokasi wisata pantai Nguyahan
foto: https://www.instagram.com/yusufahmad46/

Objek wisata ini biasanya digunakan para wisatawan untuk berenang dan bermain pasir. Selain itu, anda juga mampu menikmati bebrapa hewan laut yang lucu nan mengesankan. Apalagi, bibir pantai yang cukup luas dengan tebing karang nan mengesankan.

Ikan-ikan kecil pun mampu kita lihat disini. Poly pula para wisatawan menjadikannya sebagai salah satu objek foto karena, gemas dengan mereka. Nir hanya samapi disini saja melainkan, kita masih mampu melihat beberapa rumput laut yang ada di bawah karang-karang.

Biasanya rumput laut ini dipanen warga dan hasilnya akan digunakan untuk menunjang perekonomian. Rumput laut ini akan di panen di tengah laut. Hasilnya du jual dan dijadikan sebagai bahan konsumsi yang rasanya memang sangat nikmat.

Lihat juga: Pantai Sepanjang Gunung Kidul yang sangat menarik untuk dikunjungi.

1. Sunset nan Mengesankan

wisata pantai Nguyahan
foto: https://www.instagram.com/kitarokeita/

Estetika lain yang mampu kita nikmati ketika berada di Pantai Nguyahan ialah senja yang akan karam. Langit-langit kota gunung kidul akan berubah dari biru menjadi oranye nan mengesankan hati dan jiwa bagi siapa yang melihatnya.

Jadi, jangan lupa untuk membawa kamera mumpuni agar setiap pesona siluet yang ada disini mampu anda abadikan melalui gambar dan foto. Jika ingin menikmati senja yang benar-benar tepat maka, cobalah untuk bertahan sedikit lama di lantai karang.

2. Memancing dan Camping Area

pantai Nguyahan
foto: https://www.instagram.com/macroep/

Selain beberapa pesona yang ditawarkan disini kita, mampu menikmati beberapa rona lain yang membuat anda semakin terpukau dengan daerah wisata. Diantaranya ialah memancing dan camping area.

Nah, jika anda ingin menikmati memancing di sini anda mampu berjalan ke selatan menuju ke lantai karang. Disini, berbagai warga sekitar yang juga memanfaatkan daerah ini. sehingga, jangan kaget jika anda akan bertemu dengan mereka yang sangat ramah dan bersahaja.

Sembari menunggu ikan, kita akan disuguhkan dengan panorama pantai nguyahan yang sulit untuk dilupakan sedikit pun. Tetapi, jangan hingga lupa diri ya. Karena, ikan disini cukup bersahaja juga sehingga, tidak perlu waktu lama kita akan menerima ikan yang ukurannya cukup besar.

Sayangnya, di sini kita tidak mampu menemukan penginapan atau dekat dengan penginapan berupa hotel, home stay atau villa. Mirip halnya di pantai lain yang ada di Gunung Kidul. Tetapi, kita mampu memanfaatkan camping area yang tersedia di kawasan ini.

Sayangnya, anda harus membawa peralatan camping dan juga memancing sendiri dari rumah. Karena di sini kita tidak akan menemukan toko yang menyediakan peralatan camping atau juga peralatan memancing.

Jangan lupa untuk keluar dari tenda sekitar pukul 1 sampai pukul 2 dini hari. Dimana, kita akan disuguhkan dengan pemandangan bintang-bintang yang super menggemaskan. Pemandangan ini hanya mampu anda nikmati ketika cuaca sedang sangat baik dan bersahabat.

Biasanya, mereka yang menginap akan melakukan kegiatan bebakaran ikan dari akibat memancing tadi sore. Rasanya memang maknyus walau tanpa bumbu sekali pun. Jangan lupa pula dengan api unggun untuk merekatkan suasana yang dingin.

Kunjungi juga: Pantai Sadranan yang sangat unik dan menarik.

Fasilitas yang ditawarkan

fasilitas pantai Nguyahan
foto: https://www.instagram.com/okki.fatimah/

Lokasi wisata Pantai Nguyahan memang terkesan sepi dan tak bepenghuni tetapi, apakah kau tahu bahwa objek wisata ini menghadirkan fasilitas yang begitu rupawan dan memanjakan anda. Mirip gubuk-gubuk sederhana yang memang sengaja di bangun agar para pengunjung mampu duduk dan menikmati semilir angin sepoi-sepoi.

Gazebo ini juga mampu anda manfaatkan untuk menikmati beberapa santap siang anda lantaran, disini kita akan melihat beberapa warung menyediakan banyak sekali macam plilihan menu yang enak dan mempunyai cita rasa tinggi.

Oleh karena itu, anda tidak usah kebingungan membawa perbekalan dari rumah. Karena warung disini selain makanannya enak. Harganya juga sangat ramah di kantong. Sehingga, anda tidak perlu khawatir.

Area parkirnya pun cukup luas jadi, jangan takut untuk tidak kebagiaan lahan parkir. selain itu, disini juga sudah dilengkapi dengan sarana toilet, musholla, dan kamar ganti bagi anda yang ingin membilas dan mengganti pakaian setelah puas bermain-main air.

Simak juga ulasan kami sebelumnya perihal Pantai Drini yang mempunyai pemandangan alam rupawan.

Pantai Nguyahan ialah keindahan di Gunung Kidul yang memang mengesankan bagi siapa pun. Sayangnya, kawasan ini memang masih belum begitu terkenal. Ayo datang dan temui objek wisata ini jangan lupa ajak sahabat, teman, dan juga keluarga agar nama kawasan wisata ini semakin terkenal di kalangan wisatawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *